Mengapa diameter lubang golf berukuran 10,79 cm?

 

Saat melakukan putting, berapa kali Anda berharap lubang (hole) golf berukuran lebih besar? Jika lubang lebih besar, tentu bola akan lebih mudah masuk. Tapi diameter 10,79 sentimeter itulah standar yang digunakan di padang golf mana pun.

Seperti banyak hal dalam olahraga golf, standar ukuran lubang itu atas kesepakatan yang dibuat oleh The Royal and Ancient Golf Club of St Andrews, dibantu oleh Musselburgh.

Pada 1891, R&A memutuskan memberikan standar baku besarnya lubang di padang golf di mana pun. Melalui perdebatan yang cukup alot, akhirnya disepakati bahwa diameter lubang golf adalah 10,79 sentimeter.

Alasannya cukup sederhana. Pada 1829, para pegolf di Musselburgh sudah menggunakan lubang dengan diameter 10,79 sentimeter dan itu adalah ukuran pertama yang dikenal.

Lantaran dengan ukuran diameter tersebut permainan menjadi lebih menantang, para pegolf di R&A akhirnya setuju mengadopsi ukuran itu dan mulai memperkenalkannya pada 1891. Dan padang golf di seluruh dunia akhirnya mengikuti “aturan” tersebut. (Sumber: Koran Tempo, 7 Mei 2006)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s